4 Tips Jitu Menghentikan Iklan Pop-up yang Mengganggu

Pop-up adalah hal yang paling menyebalkan ketika kita sedang browsing di smartphone. Mau itu di browser gratisan atau di aplikasi yang menggunakan iklan sebagai sumber pemasukannya, iklan pop-up selalu muncul di saat yang tidak tepat, dan yang paling menyebalkan adalah iklan ini senantiasa menghisap kuota internet kamu sampai habis!

Sekarang ini handphone android telah dilengkapi dengan beberapa cara untuk dapat menangkal gangguan-gangguan iklan pop-up seperti ini. Untuk kamu yang masih belum tahu caranya, pantengin terus artikel ini dan ikutin cara mudah untuk menghentikan iklan pop-up yang menyebalkan.

Mengganti DNS

ganti dns

Kamu bisa mengganti DNS (Domain Network Server) di gadget kamu gunakan untuk terhubung ke internet, mengganti jalurnya, sebagai contoh, gunakan Ad Guard DNS server, yang memiliki fitur untuk menghalangi iklan dan pop-up dari tiap situs internet yang akan kamu kunjungi.

Caranya mudah, kamu tinggal unduh aplikasi pengubah DNS, buka, lalu pilih “Custom DNS” untuk menambahkan. Kemudian ketik alamat DNS berikut ke baris “DNS1” dan “DNS 2”:

DNS 1: 176.103.130.130

DNS 2: 176.103.130.131

Di atas adalah alamat DNS dari Ad Guard DNS server. Selanjutnya kamu tinggal mengetuk tombol Start, dan kamu bisa langsung terhubung ke server.

Menghalangi Pop-Up di Chrome untuk Android

blok pop up di chrome

Chrome adalah browser yang paling sering digunakan para pengguna Android, jadi akan sangat masuk akal untuk menjadikan tips yang satu ini sebagai hal pertama untuk dilakukan.

Untuk melakukannya, kamu tinggal membuka Chrome di gadget Android kamu, ketuk ikon menu yang berada di kanan atas layar, lalu ketuk “Setting -> Site settings -> Pop-ups” dan geser pengaturannya ke posisi “Block” untuk menghentikan pop-up.

Kamu juga bisa menyalakan fitur Data Saver yang akan menghalangi bermacam elemen dari halaman situs, termasuk banner iklan dan pop-up. Untuk menyalakannya, kamu tinggal masuk ke “Settings -> More -> Data Usage -> Data Saver” dan ubah pengaturan ke “On”.

Menghentikan Pop-up di Firefox Android

blok pop up di firefox

Firefox untuk Android tidak dilengkapi dengan fitur pop-up blocker seperti Chrome, tapi firefox masih memiliki add-on yang bisa dipasangi aplikasi tambahan lain, itu artinya kamu bisa memasang aplikasi untuk menghalangi iklan seperti uBlock Origin. Kamu bisa dapatkan aplikasi ini dengan mudah di internet.

Yang menarik daru uBlock Origin adalah kamu punya banyak pilihan untuk mengubah pengaturan aplikasi ini sesuai dengan apa yang kamu mau. Kamu bisa menambahkan blacklist, whitelist, dan masih banyak lainnya untuk situs-situs yang pernah kamu datangi. Mungkin kamu harus repot-repot men-download tapi aplikasi ini memberikan banyak ruang kendali untuk kamu.

Gunakan Opera

browser opera

Opera adalah salah satu browser yang termasuk populer di kalangan pengguna internet meski masih kalah pamor dengan Chrome dan Firefox. Entah kenapa, padahal Opera menawarkan fitur yang bagus dan untuk untuk penggunanya. Opera juga sudah dilengkapi dengan fitur ad blocker yang canggih jadi kamu tidak perlu repot-repot lagi untuk menghalangi iklan atau pop-up karena Opera sudah mengurus itu semua.

Opera juga dilengkapi dengan fitur VPN yang dapat membuka beberapa situs yang tidak dapat dikunjungi karena diblokir. Kinerja Opera juga ringan dan tidak terlalu banyak menghabiskan RAM jadi secara keseluruhan Opera cukup keren untuk kamu install di smartphone-mu.

Nah, sekarang kamu sudah tidak akan merasa terganggu lagi dengan pop-up ketika mengunjungi mahabet dan bisa bermain sepuasnya tanpa ada gangguan. Selamat mencoba!